Minggu, 27 Maret 2016

Tips Diet Sehat Alami yang Pas untuk Penderita Diabetes

Tips Diet Sehat Alami yang Pas untuk Penderita Diabetes

Jakarta, Salah satu hal yang bisa mempengaruhi kadar gula darah adalah makanan yang dikonsumsinya. Agar diabetes tetap terkontrol dengan baik, ketahui diet seperti apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang dengan diabetes.

Penderita diabetes yang tidak mengatur pola makan dengan baik cenderung memiliki kadar gula darah yang tidak terkontrol. Jika terus menerus terjadi, maka ancaman berbagai macam komplikasi siap menyerang.

"Umumnya nggak ada pantangan untuk orang dengan diabetes, tapi yang paling penting adalah membatasi jumlah makanan yang berkalori serta tetap mengonsumsi gizi seimbang," ujar dr Dante H Saksono, SpPD, PhD dari Divisi Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM.

dr Dante menjelaskan orang dengan diabetes bukan sama sekali tidak boleh mengonsumsi manis karena tubuhnya tetap membutuhkan gula, hanya saja penggunaan dan jenis gulanya harus diatur.

Meski begitu orang dengan diabetes perlu membatasi glukosa sederhana karena makanan ini memiliki nilai indeks glikemik tinggi sehingga cepat meningkatkan kadar gula darah, misalnya sirup, gula pasir. Lebih baik pilih yang kadar indeks glikemiknya rendah misal sayur dan buah yang tinggi serat.

Sementara itu Prof Dr dr Sri Hartini KS Kariadi, SpPD-KEMD dalam buku 'Diabetes? Siapa Takut!!' menuturkan untuk diet diabetesi atau orang dengan diabetes harus melaksanakan 3J (Jadwal, Jumlah dan Jenis Makanan).

Beberapa jenis makanan seperti nasi, roti, talas, sagu, mi, bihun, makaroni dan makanan lain yang terbuat dari bahan tepung perlu diatur jumlahnya, karena harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan.

Selain itu orang dengan diabetes sebaiknya menghindari makanan-makanan berikut ini:
1. Gula murni
2. Dodol
3. Cokelat
4. Selai
5. Sirup
6. Limun
7. Minuman ringan
8. Susu kental
9. Kue-kue manis seperti kue tart
10. Buah kalengan
11. Dendeng
12. Abon

Sementara itu dr Dante mengungkapkan peran serta dukungan dari keluarga sangat penting dalam membantu keberhasilan diet yang dijalani oleh orang dengan diabetes. Untuk itu keluarga harus ikut melakukan pola hidup yang sehat alami.

"Jangan membeda-bedakan makanan orang diabetes dengan yang tidak, karena bisa bikin orang jadi tersiksa yang akhirnya malah membuat ia jadi jajan di luar," ujar dr Dante yang juga praktek di RS MMC Jakarta.

dr Dante mencontohkan di masyarakat kadang ditemui ada yang ayahnya diabetes lalu istrinya membuat 2 makanan berbeda yaitu makanan khusus untuk ayahnya dan makanan lain untuk anggota keluarga lain. Padahal jika anggota keluarga turut ikut melakukan pola makan sehat alami maka ia bisa mendapatkan keuntungan pula.

Dengan melakukan pola makan sehat alami serta aktivitas fisik teratur maka kadar gula darah yang dimiliki akan jadi terkontrol, sehingga bisa membantu orang dengan diabetes terhindar dari berbagai macam komplikasi.

Dapatkan herbal Sehat Alami untuk terapi Diebetes secara alamidengan menghubungi :
Telp/Sms : 0821 2355 9777
Whatsapp : 0856 935 936 95
Pin BB : 5D7BD3BB
Website :  Noni Pure  |  Noni Origin | Noni Concentrate | Testimoni Diabetes  |  Yang Perlu Kamu Tahu tentang Diebetes



0 komentar:

Posting Komentar